http://bukalapak.go2cloud.org/aff_c?offer_id=15&aff_id=10301&url=https%3A%2F%2Fwww.bukalapak.com%2Ftrend%2Fsamsung-galaxy-m20%3Fho_offer_id%3D{offer_id}%26ho_trx_id%3D{transaction_id}%26affiliate_id%3D{affiliate_id}%26utm_source%3Dhasoffers%26utm_medium%3Daffiliate%26utm_campaign%3D{offer_id}%26ref%3D{referer}

MEMETAKAN ALGORITMA KE DALAM BAHASA PEMPROGRAMAN

Posted by JALUK INFORMASI


Memetakan Algoritma ke dalam Bahasa Pemrograman
Sebagai  manusia,  kita  pasti  sudah  mengerti  langkah-langkah   mengupas kentang  adalah seperti  langkah-langkah  diatas, masalahnya  adalah, kita harus membuat   komputer    mengerti   langkah   demi   langkah   yang  kita   inginkan sehingga  menghasilkan   hasil yang  kita inginkan.  Agar dapat  dijalankan  pada kornputer,  maka langkah-langkah  solusi yang diinginkan  harus  menggunakan bahasa  yang dimengerti  oleh komputer  yang dikemas  dalam bentuk  program komputer.
Bahasa  algoritmik   (sering  juga  disebut  pseudo-code) adalah  sebuah  bahasa penengah    antara    manusia    dan   komputer,    sebenarnya     komputer    tidak langsung  dapat  mengeksekusi   bahasa   algoritmik.  Bahasa. algoritmik  dibuat untuk  memudahkan  algoritma  dengan  logika manusia  di ubah menjadi bahasa pemrograman     apapun    yang   dimengerti    oleh   komputer.   
Setiap   bahasa pemrograman   memiliki  sintaks  atau  cara  menyatakan   dalam  bentuk  bahasa komputer   yang  berbeda-beda,    tergantung    pada   bahasa   pemrogramannya. Seperti  halnya  bahasa  yang digunakan  manusia,  misalkan  untuk  menyatakan "kentang"   dalam   bahasa    Inggris   namanya    adalah    "potato",   sebenarnya maksudnya   sarna, tetapi  beda  cara  menyatakannya.   Berikut  adalah  tahapan membuat  sebuah program  komputer  yang dapat dieksekusi  oleh komputer:
1.      Membuat    langkah-langkah     yang    dibutuhkan     untuk    menyelesaikan masalah  dengan menggunakan  bahasa  manusia  seperti  :
contoh pembuatan mengupas  kentang  di atas secara runut/urut  mulai dari inisialisasi, proses penyelesaian  dan finalisasi.
Urutan   membuat   sebuah   algoritma   yang  baik  dan  terstruktur    adalah sebagai berikut:



No
Tahapan Algoritma
Keterangan
1.
Deklarasi
Mendeklarasikan kotak kosong yang dipakai sebgai tempat untuk menyimpan sesuatu.

Contoh kode dengan bahasa algoritmik pada tahap deklarasi adalah sebgai berikut :

Contoh penulisan program :
Kentang : integer 
Pisau : integer
2
Inisialisasi
Merupakan tahapan mempersiapkan proses yang akan dikerjakan untuk menyelesaikan masalah misalnya mengisi kotak – kotak kosong yang akan dipergunakan untuk menyelesaikan permasalahan.

Contoh kode dengan bahasa algoritmik pada tahap inisialisasi adalah sebagai berikut :

Kentang <-1
Pisau <-1
3
Proses penyelesaian masalah
Merupakan tahapan penyelesaian masalah untuk memenuhi tujuan sebuah algoritma dibuat.

Contoh kode dengan bahasa algoritmik tahap ini misalnya :

Kentang <-kentang +pisau
4
Finalisasi
Merupakan tahapan bersih – bersih atau tahap akhir misalnya menghapus alokasi kotak yang tidak diperlukan lagi atau mengeset isi kotak yang butuh diset pada akhir algoritma.


Contoh kode dengan bahasa algoritmik tahap finalisasi misalnya :

Pisau<-0

2.      Membuat langkah – langkah dari bahasa manusia menjadi bahasa algoritmik. Misalnya sebagai berikut :



Bahasa Manusia
Bahasa Algoritmik
Mendeklarasikan kotak kosong yang dipakai sebagai tempat  untuk menyimpan kentang dan pisau
Integer : integer
Pisau : integer
Mengisi kotak-kotak kosong yang akan dipergunakan
Pisau <-1
Menuliskan ke layar mulai mengupas kentang
Output (“ mulai mengupas kentang”)
Memproses kentang dimana kentang saat ini adalah kentang yang telah dikupas dengan pisau
Kentang <-kentang +pisau
Pisau selesai digunakan
Pisau <-0
Menuliskan ke layar selesai mengupas kentang
Output (“selesai mengupas kentang”)

3.      Mengubah    bahasa    algoritmik    menjadi    bahasa    pemrograman     yang dimengerti  oleh komputer,  misalnya  dengan bahasa  pemrograman   pascal, C, C++, atau  Java dan menyimpannya   dalam  sebuah file  dengan  ekstensi sesuai  dengan  ketentuan   bahasa  pemrograman   yang digunakan  misalnya
.pas untuk  bahasa  pemrograman   pascal, .C untuk  bahasa  pemrograman   C,
.cpp    untuk    bahasa    pemrograman     C++,   dan    .java   untuk    bahasa pemrograman   Java (nama file  sarna dengan  nama kelas, misalkan  di kode program  public class ["lain maka  nama file  juga Main). Misalkan seperti contoh berikut:
 
 






Pada bahasa pemograman Java :

1.      Public berarti kelas lebih diperbolehkanmengakese
2.      Static berarti dapat dipanggil oleh kelas lain tanpa melakukan proses new objek
3.      Void meyatkana blok subkelas pada suatu kelas
4.      Main berarti blok awal yang dijalankan

4.      Melakukan   kompilasi   dengan   menggunakan     perangkat    lunak   yang  disebut sebagai   compiler   atau interpreter   untuk  mengetahui  apakah  kode program mengandung   kesalahan   penulisan,   jika  ada  kesalahan    penulisan   kode program  maka harus  diperbaiki  dahulu  lalu dikompilasi  lagi sampai  tidak ada kesalahan  penulisan  kode  lagi; cara mengkompilasi   bergantung  pada compiler atau   interpreter    yang  digunakan   misalnya   GPC  (GNU  Pascal Compiler)   atau  Free  Pascal  untuk   Pascal,  GCC  (GNU C Compiler)    (GCC sering   digunakan sebagai compiler  pada lomba pemrograman Internasional)    untuk  bahasa   pemrograman    C  dan  C++,  dan  JDK untuk
bahasa    pemrograman     Java   (keempat    compiler     merupakan    compiler freeware)    (cara kompilasi dapat dilihat pada lampiran).
Compiler adalah sebuah perangkat lunak atau program computer yang memiliki fungsi mengubah file yang berisii kode program menjadi file eksekusi (biasanya.exe)

Interpreter adalah sebuah perangkat lunak atau program computer yang memiliki fungsi mengubah file  yang berisi kode program menjadi file bytecode (misalnya pada bahasa pemrograman Java, menjadi file .class) dan kemudian program dieksekusi dengan membaca bytecode yang telah dibuat oleh nterpreter.

5.      Mengeksekusi  program   pada  komputer,   cara  eksekusi  juga  bergantung pada  compiler    atau  interpreter    yang  digunakan.   (cara  kompilasi   dapat dilihat pada lampiran)
Kode program  di atas akan menghasilkan  tampilan  berikut:

Mulai mengupas kentang
Selesai mengupas kentang

Sebenarnya tidak ada standar yang baku tentang bahasa algoritmik, asalkan bias dipahami oleh manusia dan dapat dengan mudah diterjemahkan menjadi kode program, maka sudah dapat dianggap sebagai bahasa algoritmik, namun biasanya pada sebuah institusi pendidikan atau bahkan setiap pengajar bias  mempunyai stanar sendiri mengenai bahasa algoritmik, dalam buku ini kode  yang bergaris bawah pada bahasa algoritmik adalah kata kunci yang aplikasinya dalam pemrograman biasanya telah disediakan oleh compiler atau interpreter sehingga kita tidak perlu lagi membuatnya sendiri, hanya  tinggal memakai. Mekanisme eksekusi program dapat dilihat pada gambar berikut :

Description: Hasil gambar untuk icon catatan
Gunakan compiler freeware jika Anda tidak mampu atau tidak mau membeli yang berlisensi, Pembajakan perangkat lunak di Indonesia telah mencapai lebih dari 80% itu berarti jika anda membuat sebuah perangkat lunak untuk dijual anda hanya akan memperoleh 20 juta dari 100 juta yang seharusnya Anda dapatkan jika tidak ada pembajakan.

Jangan mencuri jika kita tidak memiliki kemampuan membeli atau tidak ingin membeli. Perangkat lunak adalah sebuah kerja keras. Dukung perangkat lunak freeware dalam penggunaan dan pembuatan untuk mengurangi pembajakan.

Dengan memakai perangkat lunak bajakan, berarti anda sudah mencabut hak anda untuk marah jika perangkat lunak anda dibajak orang.




untuk download filenya silahkan disini

DOWNLOAD

Related Post



Post a Comment